Selasa, 18 September 2012

LPT CONTROLLER


Rangkaian 1
LPT controller yang pertama merupakan suatu cara pengendalian perangkat atau beban listrik menggunakan komputer. Dengan menggunakan ragkaian yang sederhana ini kita dapat mengendalikan 8 buah beban listrik misalnya lampu pijar. Untuk beban yang lebih besar misalnya motor listrik gunakan kontaktor.
  

Gambar blok diagram LPT controller


Hubungan LPT Port dengan driver


Untuk hardware driver pada rangkaian diatas membutuhkan 8 buah yang dihubungkan dengan pin LPT controller nomer 2,3,4,5,6,7,8,9 sedangkan untuk ground pin no 18 dihubungkan dengan ground pada driver (lihat gambar).

Software
Untuk mengendalikan LPT Controller 8 output ini dapat digunakan software Electrical Device Controlling Through PC. Langkah instalasi pada komputer adalah pertama download software  di  http://www.8051projects.net/download-d121-device-controlling-through-pc-visual-basic.html. Setelah file dodownload,lakukan ekstak file. Maka akan didapat sebuah folder dan contoh rangkaian aplikasi.


Gb. File hasil ekstraksi
Klik folder parallel port maka akan didapat beberapa file.


Gb.. Beberapa file pada folder parallel port
Untuk menjalankan software ini, pertama yang harus dilakukan adalah mengcopy paste file inpout.dll ke c:\windows\system32. File ini merupakan sebuah file yang akan menghubungkan antara software ke hardware.
Setelah file inpout.dll dikopy, kemudian jalankan software dengan cara klik 2 x pada gambar :

Gb.Gambar yang diklik untuk menjalankan software

Berikut adalah tampilan software pengendali paralel port :
Untuk menjalakan lampu 1 maka klik tombol Light 1 pada desktop, untuk mematikan lampu klik kembali Light satu dan seterusnya sampai lampu ke 7. Untuk menyalakan semua lampu (8 buah) maka klik ALL ON dan untuk memedamkan semua lampu Klik ALL OFF.

Rangkaian 2
LPT controller ke 2 adalah SMSRemote yang hanya dapat mengendalikan beban lampu 2 buah. Pin yang digunakan pada LPT port adalah pin 2 dan 3. Pada rangkaian ini selain dapat dikendalikan langsung melalui komputer juga dapat dikendalikan melalui SMS. Sehingga dengan modifikasi rangkaian dapat diaplikasikan untuk mengendalikan beban-beban listrik baik lampu maupun motor listrik melalui komputer dan melalui SMS.
SMSRemote adalah aplikasi desktop buatan anak bangsa sendiri  untuk mengontrol komputer dan pararel port (LPT/DB25) melalui short message service (sms). Program ini dapat menjalankan perintah restart, shutdown, menghidupkan/mematikan relay yang terhubung ke paralel port, sesuai perintah sms yang dikirim oleh pengguna. 

Untuk instalasi lakukan download file di  http://jejakdigital.co.id/smsremote.php, setelah itu install sampai selesai . Setelah itu lakukan restart. Jalankan software smsremote dan tampilan software tersebut  :


Untuk dapat mengendalikan melalui SMS maka kita harus menambahkan modem GSM pada port USB. Dapat juga menggunakan kabel data pada HP yang memiliki fasilitas Modem.Modem akan melakukan pencarian otomatis, dan pastikan status modem Connected. Lakukan seting admin dan lainnya sesuai fungsi yang dibutuhkan. Untuk mengendalikan beban listrik langsung dari komputer dengan cara klik Ubah dan lakukan klik pada Switch1 atau 2.




2 komentar:

  1. salam, pak untuk software smsremotenya sudah tidak ada di www.jejakdigital,,,mohon dengan sangat saya dikirimi VIA email saya di :
    achmad.siddiq@karyadibya.com

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, saya cari dulu file yang dimaksud, tx

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...