SMARTPHONE,TABLET PC, NOTE BOOK dan lain sebagainya…siapa yang tak kenal dengan benda-benda ini. Kemudahan penggunaan serta dukungan berbagai macam aplikasi mampu “menghipnotis” pengguna yang menurut berbagai survey meningkat dari tahun ketahun. Demikian juga dukungan penyediaan fasilitas internet diberbagai tempat baik fasilitas umum, perkantoran maupun di area tempat pendidikan meningkat dengan pesat baik dari sisi jumlah maupun penyedia jasanya. Kemudahan mengakses informasi telah membuka sekat atau batas dunia yang ada, menjadikan perangkat komunikasi modern ini ibarat bagian yang tak terpisahkan dari hajat hidup manusia modern yang diharapkan mampu berfungsi sebagai alat bantu aktivitas sehari-hari penggunanya.
Meskipun tidak jarang, glamornya
fasilitas baik hardware maupun software yang dimiliki perangkat canggih ini
harus juga diimbangi dengan kemampuan brainware dari penggunannya.
Sehingga kecanggihan perangkat teknologi ini diharapkan bukan hanya sebagai
pelengkap gaya hidup tetapi lebih dari itu akan membangkitkan ide-ide cemerlang
pemanfaatan teknologi kearah yang lebih positif.
Penggunaan gadget canggih ini
pelan tapi pasti sudah memasuki berbagai lini kehidupan. Demikian juga dengan
kehidupan dilingkungan sekolah. Hampir semua warga sekolah baik guru maupun siswa
mengenal bahkan memiliki perangkat teknologi komunikasi ini, meskipun menurut
hasil penelitian bahwa sebagian besar dari aktivitas penggunaan perangkat ini
umumnya masih berkutat pada aplikasi media social. Sungguh sebuah kenyataan
yang sangat ironis sekali. Keterbatasan wawasan serta keengganan untuk belajar
hal yang lebih positif dan produktif tampaknya masih menjadi hal yang perlu
kita hindarkan .
Guru sebagai motivator dan
inisiator perubahan hendaknya harus aktif mengubah wawasan serta selalu belajar
dan terus belajar untuk menggunakan perangkat teknologi informasi ini secara
lebih bijaksana.Tugas guru untuk selalu mengawal siswa dalam sikap dan tingkah
laku di era komunikasi yang serba cepat menjadi tuntutan tugas yang wajib
dijalankan. Ketidaktahuan ,keenganan serta mengacuhkan belajar hal baru
terhadap perubahan teknologi dikhawatirkan akan menjadikan tunas-tunas bangsa
menjadi generasi yang tidak bermartabat
disebabkan oleh rendahnya wawasan yang dimilikinya. Guru dituntut untuk selalu
mengikuti teknologi siswa. Bahkan ada kata bijak mengatakan “ajari siswa sesuai
jamannya, bukan jamanmu”.
Berawal dari hal diatas, saya mencoba
membagi beberapa pengalaman saat proses pembalajaran yang pernah saya lakukan bersama siswa saat menggunakan alat bantu menggunakan
peraga berbantuan teknologi informatika ini. Dikelas XII Program Keahlian Teknik
Instalasi Tenaga Listrik terdapat materi pengendali elektronika. Pada materi
ini siswa mempelajari pengendalian instalasi penerangan , instalasi tenaga
serta instalasi motor listrik menggunakan peralatan elektronika. Umumnya
pengendalian yang dilakukan pada program keahlian Teknik Instalasi Tenaga
Listrik adalah menggunakan PLC (Programmable Logic Controller), yaitu sebuah alat
yang berfungsi sebagai pengendali yang berfungsi mengendalikan peralatan
listrik dengan cara diprogram menggunakan
simbol-simbol logika.
Untuk kali ini saya mengajak
siswa untuk mengendalikan beberapa instalasi penerangan, instalasi tenaga dan
instalasi motor listrik menggunakan komputer. Tujuan penyampaian materi ini
adalah memberi wawasan kepada siswa sisi lain manfaat teknologi informasi
untuk teknologi teknik instalasi listrik.
Selain itu dengan terus mengikuti perkembangan teknologi yang ada, diharapkan
guru bisa mengarahkan siswa kepada sisi positif sebuah perkembangan teknologi
sehingga siswa akan lebih bijak dalam menggunakan teknologi yang berkembang
sangat pesat ini. Selain itu, dengan menggunakan beberapa
aplikasi alat bantu proses pembelajaran berikut diharapkan tumbuh generasi –
generasi bangsa yang optimis, berkarakter kuat, mandiri serta berwawasan luas.
Pada praktikum ini, kami menggunakan interface sederhana
berupa relay driver yang bisa kita buat sendiri dengan biaya yang relative
terjangkau. Dengan memanfaatkan sarana internet, siswa kami ajak untuk mencari
rangkaian – rangkaian interface sederhana yang banyak bertebaran di dunia maya.
Demikian juga dengan software yang digunakan pada aplikasi pengendalian. Untuk
pembuatan hardware dapat anda lihat pada artikel berikut.. Software yang digunakan merupakan software berjanis free yang dengan mudah
kita dapatkan diinternet. Pengendalian berbasis
computer sederhana ini kami bagi menjadi
4 (empat ) bagian yaitu :
1. Mengendalikan
instalasi penerangan, instalasi tenaga dan instalasi motor listrik menggunakan
computer (PC) secara langsung
2. Mengendalikan
instalasi penerangan, instalasi tenaga dan instalasi motor listrik menggunakan
computer (PC) secara remote desktop (PC to PC) menggunakan jaringan wifi
3. Mengendalikan
instalasi penerangan, instalasi tenaga dan instalasi motor listrik menggunakan
computer (PC) secara remote desktop (PC to PC) menggunakan jaringan internet
4. Mengendalikan
instalasi penerangan, instalasi tenaga dan instalasi motor listrik menggunakan
computer (PC) secara remote desktop (Smartphone to PC) menggunakan jaringan
internet
1.
Mengendalikan
instalasi penerangan, instalasi tenaga dan instalasi motor listrik menggunakan
computer (PC) secara langsung
Perhatikan ilustrasi berikut :
Gb.1.Pengendalian secara langsung
menggunakan PC
Peralatan yang dibutuhkan
:
Hardware
-
Personal Computer
-
Modem
-
Wifi access point
-
Kabel koneksi
-
Relay Driver
-
Motor lsitrik dan atau Lampu penerangan
Software
-
Syaraf Listrik
-
SMSRemote
-
Electrical Device Controlling Through PC
-
TeamViewer
-
Tight VnC
Syaraf Listrik
Pada pengendalian ini, siswa dapat mengendalikan baik
instalasi tenaga, motor maupun penerangan menggunakan salah satu software
diatas. Ketiga software memilki kekhususan fungsi masing-masing yang dapat
digunakan sesuai keinginan. Ketiga software merupakan software berjenis freeware
. Syaraf listrik , merupakan software pengendali yang cukup handal digunakan
dalam proses pembelajaran pengendalian instalasi listrik. Disini kita dapat
berlatih merancang bangun system kendali
untuk mengendalikan beban-beban listrik yang ada. Software ini mampu
mengendalikan 12 beban listrik ditambah kemampuan membaca 5 buah input dari
luar , misalnya membaca penekanan tombol.Selain itu, memiliki kemampuan
mengeluarkan rekaman suara sebagai indicator. Uraian rinci tentang penggunaan
software ini dapat anda lihat pada artikel terkait secara lengkap disini
Gb.2.Tampilan
software simulator syaraf listrik
SMSRemote
Untuk SMSRemote, merupakan pengendali dua fungsi yaitu dapat
dikendalikan menggunakan PC maupun HP dengan mengirimkan format SMS tertentu
sesuai setting yang ada pada software ini. Software ini dapat mengendalikan dua
buah beban listrik.Untuk lebih detail mengenai penggunaan software SMSRemote
silahkan klik artikel berikut
Gb.3.Tampilan
software sms remote
Electrical Device
Controlling Through PC
Software ini mampu mengendalikan 8 buah output tanpa
memerlukan penggambaran desain seperti pada sysraf listrik. Interfacenya sangat sederhana, tetapi cukup handal
digunakan. Artikel lengkap silahkan klik pada artikel berikut
Gb.4.Tampilan
software Electrical Device Controlling Through PC
2.
Mengendalikan
instalasi penerangan, instalasi tenaga dan instalasi motor listrik menggunakan
computer (PC) secara remote desktop (PC to PC) menggunakan jaringan wifi
Perhatikan ilustrasi berikut :
Gb.5. Pengendalian PC to PC menggunakan local access
point
Pada uji coba ke-2, merupakan pengembangan dari uji coba dari
pengendalian pertama, hanya ada penambahan fungsi pengendalian yaitu beban listrik
dapat dikendalikan dari personal computer (PC) maupun dikendalikan jarak jauh
dari Notebook menggunakan jaringan wifi. Hal ini dimungkinkan dengan kemudahan
akses wifi dihampir sebagian besar fasilitas umum terutama sekolah. Untuk
pengendalian menggunakan jaringan local wifi ini, kami menggunakan software
remote desktop TightVnC yang diinstallkan pada Personal Computer dan
Notebook yang digunakan pada praktikum. Untuk dapat berhubungan secara wireless
menggunakan wifi, maka pada PC dipasang hardware berupa wifi LAN Card,
sedangkan pada Notebook sudah terpasang hardware wireless LAN. Setelah PC dan Notebook terkoneksi jaringan, maka
Notebook dapat melakukan aksi remote control desktop menggunakan aplikasi tightVnC.
3.
Mengendalikan
instalasi penerangan, instalasi tenaga dan instalasi motor listrik menggunakan
computer (PC) secara remote desktop (PC to PC) menggunakan jaringan internet
Ilustrasi
1
Gb.6. Pengendalian PC to PC menggunakan jaringan
internet cara 1
Ilustrasi
2
Gb.7. Pengendalian PC to PC menggunakan jaringan
internet cara 2
Pada
ujicoba pengendalian ke-3, kami menggunakan jaringan internet untuk menambah
jarak jangkauan pengendalian. Sehingga keterbatasan jarak pengendalian saat
menggunakan jaringan wifi dapat diatasi. Dengan menggunakan jaringan internet keterbatasan ruang dapat diatasi,
selama ada sinyal internet tentunya. Untuk ujicoba kami menggunakan 2 jenis
ilustrasi pengendalian sebagai berikut :
Untuk
Ilustrasi 1 menggunakan jaringan internet melalui access point yang tersedia
disekolah dengan memanfaatkan jaringan koneksi indischool pada sisi
notebook dan USB Modem pada sisi PC. Software remote desktop yang digunakan
adalah TeamViewer 9.
Demikian
juga untuk praktikum dengan ilustrasi 2 yang merupakan alternative lain dari
pengendalian pada ilustrasi 1. Disini kami tidak menggunakan koneksi
menggunakan access point tetapi menggunakan koneksi jaringan internet
menggunakan modem pada sisi notebook dan sisi PC. Ilustrasi koneksi ini
merupakan alternative yang dapat digunakan jika tidak ada jaringan wifi
disekitar anda.
4.
Mengendalikan
instalasi penerangan, instalasi tenaga dan instalasi motor listrik menggunakan
computer (PC) secara remote desktop (Smartphone to PC) menggunakan jaringan
internet
Ilustrasi
Gb.8. Pengendalian Smartphone to PC menggunakan jaringan
internet
Untuk
uji coba pengendalian peralatan listrik berikutnya, kami menggunakan HP dengan system
operasi Android yang umum digunakan pada smartphone. Sama seperti uji coba sebelumnya, pada kedua
perangkat harus diinstall terlebih dulu aplikasi remote desktop yaitu
teamViewer. Untuk smartphone ,software ini dapat langsung didownload melalui Playstore
. Setelah didownload lakukan instalasi seperti biasa. Kemudian jalankan. HP / Smartphone yang digunakan pada ujicoba kali ini menggunakan Samsung Young dan Smartfren Andromax.
Gb9.Proses download TeamViewer pada HP Samsung Young
Gb.10.Tampilan TeamViewer saat melakukan remote desktop
Dari ujicoba diatas, semua dapat
berjalan dengan baik sesuai rencana. Sebagai catatan di internet banyak sekali
software remote desktop yang bisa digunakan selain contoh diatas. Demikian juga
dengan software pengendali peralatan listrik . Selain itu agar pengendalian
berjalan lancar aplikasi pengendalian secara remote desktop memerlukan koneksi
internet yang stabil.
Untuk memahami lebih lanjut praktikum pengendalian perangkat listrik dari pembahasan diatas dapat dilihat pada beberapa video berikut.
Mengingat pentingnya memperkaya wawasan dibidang TIK , maka materi ini selain digunakan pada praktikum disekolah, praktikum materi diatas juga pernah saya presentasikan pada kegiatan sesi Education Converence dan Lomba Inovasi & Kreativitas Guru SMK Teknologi dalam Pembelajaran di VEDC / PPPPTK Malang tanggal 30 April sd 3 Mei 2012. Pada kesempatan tersebut, pengendalian yang dilakukan adalah mengendalikan instalasi motor listrik menggunakan komputer melalui wifi LAN (PC to PC remote desktop).
Pengendalian peralatan listrik menggunakan komputer langsung
Pengendalian peralatan listrik menggunakan PC to PC remote desktop
Pengendalian peralatan listrik menggunakan smartphone samsung
Pengendalian peralatan listrik menggunakan PC to PC remote desktop
(menggunakan wifi LAN)
Pengendalian peralatan listrik menggunakan PC to PC remote desktop
(menggunakan jaringan internet)
Pengendalian peralatan listrik menggunakan smartphone samsung
( HP to PC remote desktop )
Pengendalian peralatan listrik menggunakan smartphone Smartfren Andromax
( HP to PC remote desktop )
Mengingat pentingnya memperkaya wawasan dibidang TIK , maka materi ini selain digunakan pada praktikum disekolah, praktikum materi diatas juga pernah saya presentasikan pada kegiatan sesi Education Converence dan Lomba Inovasi & Kreativitas Guru SMK Teknologi dalam Pembelajaran di VEDC / PPPPTK Malang tanggal 30 April sd 3 Mei 2012. Pada kesempatan tersebut, pengendalian yang dilakukan adalah mengendalikan instalasi motor listrik menggunakan komputer melalui wifi LAN (PC to PC remote desktop).
Gb.11.Presentasi pengendali peralatan listrik menggunakan
komputer dan jaringan
Gb.12.Presentasi pengendali peralatan listrik menggunakan
komputer dan jaringan
Gb.13.Demo pengendali peralatan listrik menggunakan
komputer dan jaringan saat presentasi
Gb.14.Presentasi pengendali peralatan listrik menggunakan
jaringan komputer
Gb.15.Peralatan pengendali motor listrik menggunakan komputer
Somoga uraian sederhana ini dapat memberi tambahan wawasan bagi kita semua untuk dapat berinovasi dalam proses pembelajaran menggunakan teknologi informasi dan komputer secara bermartabat........
Tidak ada komentar:
Posting Komentar