Jumat, 26 Oktober 2012

Menggunakan DIODA untuk Menurunkan Tegangan Listrik. SIAPA TAKUT !!!



Saya ingin berbagi sedikit tip untuk menurunkan tegangan listrik menggunakan DIODA berdasarkan pengalaman yang pernah saya lakukan. Berawal ketika ada tugas memantau PRAKERIN siswa TITL disebuah Pabrik Gula yang sering digunakan siswa untuk praktek kerja industri, disana seorang pimpinan menunjukkan sebuah pemanas air (bentuknya seperti rice cooker tapi ukurannya buuueessar) dengan daya 2000 Watt dengan tegangan 110 VAC. Menurut pengakuan beliau pemanas air ini sudah lama tidak digunakan, karena tegangan jala-jala yang ada di pabrik sudah menggunakan tegangan 220 VAC.

Salah satu yang umum dilakukan untuk kasus diatas antara lain :
1.      1.  Mengganti elemen pemanas 2000 Watt 110 VAC dengan elemen pemanas 2000 Watt 220 Volt
2.      2.  Menambahkan trafo jenis Step Down ( sebagai penurun tegangan ) 220VAC menjadi 110VAC.


Dari kedua alternative diatas, memang bisa dilakukan tetapi biaya yang harus dikeluarkan juga mahal. Alaternatif yang saya gunakan adalah dengan menambah / memasang sebuah DIODA silicon dengan arus 25A yang dapasang secara seri pada salah satu kaki tegangan input.

Mengapa menggunakan DIODA ?
Dioda merupakan komponen semiconductor yang memiliki fungsi antara lain sebagai penyearah / rectifier. Atau dengan kata lain mengubah tegangan AC menjadi DC. Perhatikan gambar berikut :
 Dari teori salah satu sifat DIODA diatas, saya coba untuk mengaplikasikan untuk permasalahan diatas. Perlu diketahui bahwa elemen pemanas bersifat RESISTIF, jadi tidak ada pengaruh jika menggunakan arus listrik dengan bentuk setengah gelombang.  

Bagaimana menentukan kemampuan arus DIODA ?
Arus yang digunakan pemanas adalah 2000 Watt / 110Volt. Maka secara kasar arus yang dibutuhkan adalah I = P/V   atau sama dengan  2000 / 110 = 18.18 Ampere. Atau dibulatkan sekitar 20A. Untuk batas aman pasang DIODA dengan kapasitas diatas kebutuhan. Pada aplikasi yang saya lakukan adalah dengan memasang DIODA sebesar 25 Ampere, dengan harga Rp. 6000. Bandingkan jika harus membeli elemen pemanas baru atau membeli trafo STEP DOWN baru.
Salah satu bentuk DIODA 25A



Bagaimana cara pasangnya ?
Cara pasangnya cukup mudah, tinggal dipasang secara seri pada kabel bagian fasa atau pada kabel nol juga boleh. Dioda juga demikian bisa dibolak maupun balik juga gak papa. Pemasangan lebih baik tidak disolder melainkan dibaut saja ( takut lepas karena arus yang mengalir besar). Bisa juga menggunakan terminal kabel.
 Terminal kabel

  
Bagian bawah pemanas air ( perhatikan posisi conector listrik)

Setelah pemasangan ini, pemanas air  langsung diujicoba untuk merebus kacang tanah dalam air tentunya. Hasilnya…. Sekitar 20 menit air mendidih dan kacang masak sempurna,………. SELAMAT MENCOBA.

149 komentar:

  1. Jadi kesimpulannya ini stepdown 220 to 110 gitu ya gan?
    Kalo dari 220 to 12 gan ada ngga rangkaian stepdown yang tanpa trafo?

    BalasHapus
  2. Bisa. Seperti pada rangkaian Charge untuk senter2 murah buatan Negara China. Rangkaiannya sama dengan adaptor. Dari tegangan 220VAC dipasang dioda type 1N4007 secara BRIDGE (4 Buah). Outputnya dipasang ELCO 220uF400V sebagai Filter. Output dari Filter dipasang resistor 100K. Kemudian dipasang IC regulator 7812. Semoga bisa membantu..Thanx

    BalasHapus
  3. cara ini bisa dipake buat kompor listrik 1000watt dgn tegangan input 110VAC?
    trus kalo kompor listrik 110VAC diberi tegangan 220VAC apa yg akan terjadi? Jika rusak, bagian mana saja yg paling memungkinkan?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagian yang akan rusak adalah element pemanasnya.Thankz

      Hapus
  4. Apa tidak berarti frekuensi jala jala juga akan turun menjadi setengahnya (25Hz/30 Hhz)?? lalu kira-2 apa pengaruhnya terhadap alat listrik (mungkin untuk alat pemanas tidak akan berpengaruh)..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa tidak berpengaruh pada lama waktu pemanasan elemennya?? apa juga tidak berpengaruh pada daya yang dikonsumsi? trimakasih banyak infonya...

      Hapus
    2. Elemen pada pemanas bersifat resistif, jadi tidak ada pengaruh. Rangkaian ini sdh dicoba dan bisa digunakan. Tidak ada masalah.Semoga membantu..

      Hapus
    3. Sedangkan untuk waktu pemenasan jelas berpengaruh. Karena konsumsi dayanya hanya separuh dari kebutuhan awal. Sebagai contoh jika waktu masak normal 20 menit maka jika dipasang dioda waktu masak menjadi sekitar 40 menit.Semoga membantu.....

      Hapus
    4. apabila diturunkan lagi sehingga menjadi dibawah 110 DC apa yang terjadi pak? terus pengaruhnya terhadap waktu dan panasya elemen bagaimana?

      Hapus
    5. Yang jelas element akan mendapatkan pasokan daya kurang dari semestinya, tentu saja akan menyebabkan panas yang dihasilkan tidak maksimal....

      Hapus
  5. dioda itu samakah dengan contactor pak? terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dioda yang dipasang tidak sama dengan kontaktor.Dioda pada rangkaian ini berfungsi sebagai penyearah (pengubah AC menjadi DC).Semoga memmbantu..Thx...

      Hapus
  6. permisi pak
    kalo 5 buah lampu LED langsung ke tegangan AC/220 kira" rangkaiannya apa aja ya....?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa menggunakan resistor yang dipasang disalah satu kaki LED. Ukurannya 100K ohm.Thx kunjungannya

      Hapus
    2. saya punya tegangan 5v 12A,saya ingin menurunkan tegangan menjadi 3dan 4v tanpa menurunkan A nya,komponen apa yg saya butuhkan?dan jika saya ingin menurunkan A nya komponen apa yg saya butuhkan dan cara merangkainya?mohon petunjuk nya terimakasih

      Hapus
    3. Anda bisa coba memodifikasi rangkaian berikut di : http://www.qsl.net/xq2fod/Electron/Ps20/ps20.gif
      1.Rangkaian bisa melewatkan arus sampai dengan 35A dengan tegangan input maksimum 18VAC
      2.Pengaturan tegangan Output dengan cara mengatur potensio(P1) 1K.
      Semoga membantu.....

      Hapus
  7. maaf pak..belum sempet permisi tadi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke. ....thanx kunjungannya..semoga bermanfaat..

      Hapus
  8. maaf pak nama saya ade,,, klo gitu bisa diaplikasikan ke dispenser ya,,,misal dispenser menggunakan volt 220 dikasih dioda menjadi 110,,dayanya pun berkurang tapi panasnya pun lama,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.Panasnya memang jadi tidak maksimal seperti sebelumnya.

      Hapus
  9. pak elemen panas yang paling hemat daya itu ap ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang hemat daya relatif tentunya. Karena semakin kecil daya tentu panas yang ditimbulkan jg tidak sebesar jika menggunaya yg akan daya besar. jadi intinya harus disesuaikan dgn penggunaan. Selain itu bentuk desain tempat jg berpengaruh terhadap daya yg digunakan. Semoga membantu...Thx

      Hapus
  10. mo nny sy pny kipas tegangan 110.pertnyn sy ap bs digunakan cr dists/ada cr lain.mo bli trago step down mahal.trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.Cara diatas digunakan HANYA untuk beban listrik yang bersifat resistif. Jadi untuk aplikasi pada kipas angin tidak bisa.

      Hapus
  11. ass...wr.wb.
    perkenlkan saya joko di sleman jogja,
    1. untuk rangkaian diatas apa bisa dipalikasikan di perangkat elektronik ( mis:tv,dvd,decoder ) yg mempunyai range tegangan input 100-220 volt,dan jika bisa apa bisa bekerja normal.

    2. misalka mau diaplikasikan di kulkas dan magigjar bagaimana untuk modif rangkaiannya.

    Demikian,sebelumnya saya sampaikan terimakasih.
    Wass...wr.wb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rangkaian diatas hanya bisa diaplikasikan pada beban listrik yang bersifat resistif. Misalnya Seterika listrik,magicjar,heater dan sejenisnya.
      Jadi untuk rangkaian dengan jenis beban Induktif (misalnya trafo, motor listrik dan sejenisnya tidak bisa).Trims atas kunjungannya dan salam kenal.....

      Hapus
  12. pak mw nanya, klo dari 220v diturunkan jdi 12 v dngan arus 4 ampere, apa sj yg di butuhkan, dengan tanpa menggunakan trafo step down?

    BalasHapus
  13. Bagaimana Menentukan Resistor Pada Lampu Watt Besar?

    Pada jaman ini sepeda motor sudah AHO (Automatic Headlight On) yaitu lampu utama yang menyala saat mesin motor menyala, tetapi ada juga pabrikan motor lain yang menyebutnya DRL (Daytime Running Lights).
    Kalau AHO, lampu utama langsung menyala dengan terang maksimal.
    Kalau DRL, lampu utama menyala dengan lebih redup di siang hari.
    Spesifikasi : Tegangan kerja bohlam 12V dan daya 50W.

    Pertanyaan :
    1. Bisa gak ya membuat lampu utama menyala lebih redup (hanya 50% sampai 75% saja) dengan menggunakan resistor?
    2. Berapa range tegangan kerja bohlam tersebut? Kalau 8V mau idup gak ya?
    3. Gimana cara menentukan resistor agar tegangan yang mengalir ke lampu jadi 8V? (maksudnya dari tegangan 12V diturunkan jadi 8V menggunakan resistor berapa ohm? 8V di sini terkait dengan pertanyaan nomor 2, kalau 8V gak bisa nyala brarti ya 10V, jadi dari 12V diturunkan jadi 10V dengan resistor berapa ohm?)

    NB : Saya sengaja tidak pakai dimmer karena rangkaiannya sangat ribet dan agar nyala lampu tetap (tidak dapat dirubah).
    Kalau menggunakan Dioda nanti malah akan membuat nyala lampu berkedip. (meskipun berkedipnya tidak terlihat oleh mata, tetapi yang namanya bohlam kalau berkedip/sering nyala mati sama saja memperpendek umur bohlam, menurut saya). Jadi kalau bisa saya akan meredupkan lampu dengan resistor tapi bisa atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. a.Secara teori bisa. Dengan menggunakan rumus dasar
      P=V x I, V = I x R dimana P(daya),V(tegangan),I(Arus) dan R(hambatan).
      Maka didapat turunan rumus R=(VxV)/P
      R=144/50 ===>2.88 Ohm/50W.

      b.Atau anda bisa coba rangkaian berikut di:
      https://docs.google.com/file/d/0B7WWeXdGMXXzLXNpRWxUVmVNYmM/edit
      Pada rangkaian tersebut terdiri 2 lampu yang bisa dipasang seri maupun paralel.

      Semoga membantu........

      Hapus
  14. tanya dong mas. aku punya water heater 600 watt, sementara listrik di kontrakan diganti jadi per kamarnya cuma 450watt. gimana ngubah watt si water heater supaya jadi 200 watt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rangkaian dioda yang dipaparkan diatas bisa dicoba.karena jenis beban listrik pada water heater,kompor listrik dan sejenisnya bersifat resistif.
      cara merangkai bisa dilihat kembali panduan artikel diatas..
      ....semoga membantu.....

      Hapus
  15. Kalo watt kompor listrik 1500 tp di rumah cm 1300 biar bisa digunakan di rubah apanya ya? Masih awam sm yg beginian. Matur suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan coba rangkaian pada artikel diatas. Hanya perlu diingat, panas yang dihasilkan juga akan mengalami penurunan, karena daya yang masuk diturunkan.

      Hapus
  16. mengulang pertanyaan pinah di atas, jg masalah water heater. tp saya punya jauh lebih besar sekitar 3500 watt sedang daya listrik cuma 900 watt. jadi klo pemanas dihidupkan otomatis lampu langsung padam semua.
    minta solusinya pak, agar water heater dirumah bisa digunakan, trus klo klo perlu penambahan dioda berapa Amper dioda yg perlu saya gunakan.
    Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo hanya menggunakan dioda,tidak bisa...
      Anda bisa menambah rangkaian regulator sehingga daya yang masuk ke water heater bisa diatur...semoga membantu....

      Hapus
  17. pak jika 3 buah trafo 1 fasa step down diberi input 220volt dan output yang diinginkan adalah 110 volt,jika dihubung Y-delta atau sebaliknya, outputnya tetep 110v apa penambahan dari 3 buah trafo 110v tersebut jd 380v ??
    mohon bantuannya terima kasih

    BalasHapus
  18. permisi pak saya mau tanya komponen apa yang perlu di tambah selain Travo step down, untuk menurukan tegangan dari 220 VAC ke 12 VDC mohon bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.Dioda penyearah (untuk mengubah AC menjadi DC)
      2.ELCO /Kapasitor (untuk filter)
      3.IC atau Transistor atau perpaduan keduanya (untuk regulator)
      ....semoga bermanfaat....

      Hapus
  19. gan,gimana cara merangkai LED strip ntuk arus 220v,,trus apa aja bahan yg di perlukan.??tQ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa mencoba rangkaian pada link berikut:

      1.http://www.circuitstoday.com/wp-content/uploads/2010/06/mains-optd-led.jpg
      2.http://www.circuitstoday.com/wp-content/uploads/2009/02/mains-operated-led-night-lamp.jpg
      3.http://www.circuitstoday.com/wp-content/uploads/2009/03/mains-operated-led-lamp.jpg
      4.https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQF6wpYDtzDOsQRpoqWCWDGF08pkGXhViCJSQubRtaZaD488bFF

      ....semoga membantu....

      Hapus
    2. mas mo tanya, klo lampu led untuk tegangan 220v (rumah), mau dipakai dimotor yg tegangannya kecil (12v) bisa gak yah ?

      terimakasih

      Hapus
    3. LED yang digunakan pada 220V umumnya dipasang seri dgn resistor. Agar bisa digunakan pada tegangan 12V, resistor diganti dgn hambatan sekitar 1K....selamat mencoba...

      Hapus
    4. siaPPP ... terimakasi mas sarannya .... mantaPPP .... !!! nyala ...

      thx

      Hapus
    5. gan kl kulkas frezzer gmna cra nya? kn 220v listrik ana g kuat!

      Hapus
    6. Jika listrik dirumah tdk. kuat kemungkinan terbesar daya yang tersedia di rumah tidak mencukupi. Jadi harus ditambah...semoga membantu....

      Hapus
    7. Oke..mas(Anonim)...selamat mencoba dan mencoba...

      Hapus
    8. Nanya pak,klo travo 110v mau tegangan 220v caranya gmna? Tms.

      Hapus
  20. mas mo nyanya nih saya punya dinamo ac 220 volt 100 watt, saya ingin agar putaran dinamonya bisa disetel putarannya, apa yang mesti saya tambahkan pada dinamo tersebut? mohon pencerahannya, Tks

    BalasHapus
  21. cara yang paling mudah adalah dgn mengatur tegangan yang masuk menggunakan VOLTAGE REGULATOR....semoga membantu....

    BalasHapus
  22. mas saya punya mesin press baju 2000watt sedangkakan tegangan cuma 220/1300 jd diodanya pake brapa amper

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan dioda minimal 6A. Misalnya 10A...Semoga membantu....

      Hapus
  23. pemanas porp corn sering kebakar untuk kabel yg ke pemanasnya karna pemanasnya terlalu tinggi klau seandainya di pasang dioda berpengaruh tidak ya. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengantisipasinya, gunakan kabel penghantar yang lebih besar serta berstandart...semoga membantu...

      Hapus
  24. Salam kenal mas ,sy punya ups menggunakan 8 bh batery yg rangkaian charging nya rusak.Gimana cara buat rangkaian untuk charging batery 96 vdc - 100 vdc tanpa menggunakan trafo ? trims

    BalasHapus
  25. misi mas ,,,saya mo tanya untuk ic penyetabil tegangan misal 7812 ada ga jenis dri ic tsb yg ampernya besar mungkin utk teg 12 v mncapai 30 ampere,trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. IC 7812 hanya bisa dilewati max 1A. Agar bisa melewatkan sampai 30A, anda konfigurasikan dengan rangkaian lain. Sebagai contoh rangkaian link berikut :
      1.http://goo.gl/lyUGHF
      2.http://goo.gl/Dcy1um
      bisa mengahntarkan sampai 15 A . Agar bisa sampai 30A bisa ditambahkan tr 3 kali lagi. rangkaian 2 bisa sampai 35A ...Semoga membantu....

      Hapus
  26. Mau tanya pak klo power supply 3A dikasih beban 1.5 A kok tegangan ngedrop. Apa penyebabnya ya Tksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti power supply tidak mampu membari arus sebesar itu, hal ini kemungkinan rangkaian yang terpasang bermasalah atau power supply 3A tetapi output sebenarnya masih kurang dari 1,5A. Semoga membantu...thx kunjungannya

      Hapus
  27. tolong bantuannya,pak.
    klo penguat suara dgn 3 Tr (Tr1=c8550 , Tr2=c8050 ,dan Tr3=c9014) max untuk power supply nya brp amper ya?
    thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling tidak bisa menggunakan 2A. Lebih dari itu semakin bagus. Tapi harganya tentu lebih mahal....semoga membantu....

      Hapus
  28. Hi gan..saya punya vacuum cleaner dengan V 110 VAC, dan P = 1038 Watt, bila saya install dioda kemungkinan besar daya yang di pakai juga akan tidak stabil..sedangkan kalo untuk Heater atau sejenisnya hanya sesaat tegangan kejut dengan titik jemu yang sedikit pula gan..

    bila di beri Dioda +/- 20 A, memang bisa tetapi sifat dasar dari dioda hanya penyearah dengan daya sumber yang stabil pula..

    Seperti kita ketahui kalo vacuum cleaner tidak lah bisa stabil, kadang rendah kadang pula tinggi,sehingga berpengaruh besar terhadap rangkaian yang ada, dan mengakibatkan jebol/rusak.

    Gimana kira kira gan ?
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo vacuum cleaner merupakan jenis beban listrik induktif. Tentu saja tidak akan bisa bekerja normal. Untuk aplikasi yang saya aplikasikan menggunakan dioda HANYA untuk beban listrik jenis resistif (misal heater dan sejenisnya). Thx kunjungannya...semoga membantu...salam

      Hapus
  29. Mas. Saya mau buat dimmer lampu 220v memakai triac bta40. Tapi setelah saya ikuti rangkaian yang ada di Google malah ga bisa di adjust. Saya ukur keluaran dari diac untuk ke gate triac sekitar 35v,sementara vgt triac max 1.3v.gimana caranya ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sendiri belum mencoba rangkaian yang anda maksud. Referensi yang saya punya bisa anda lihat pada link berikut : http://goo.gl/um0Vfo

      Hapus
  30. sebelumnya thanks berat atas artikel diatas, mas saya mungkin mengulang beberapa pertannyaan diatas. saya punya heater 2500 watt/230 volt,sedangkan listrik di rumah saya hanaya 6 A dan 220 volt..Apakah bisa dengan hanya memasang Dioda 15 A untuk menyesuaikan dengan daya yg tersedia di rumah saya? Jika bisa berapa besaran watt saya yg dihasilkan setelah ditambah Dioda? jika tidak bisa, apa alat yang perlu disediakan agar alat tersebut bisa dimanfaatkan?
    Trimaksih atas bantuan jawabannya sebab saya begitu pemula untuk urusan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinannya tidak bisa, karena daya yang tersedia dirumah kita hanya sekitar 1300VA. atau hampir sama dengan yang dibutuhkan heater .
      Langkah yang disarankan hanya menambah daya lagi. Semoga bermanfaat......

      Hapus
  31. terimakasih banyak atas info dan pengetahuannya, ini saya mau tanya. saya punya kulkas dan mesin cuci dari KSA. saya ingin bisa memakainya tapi watt nya besar 1000-4000 watt disini terdapat masalah kelistrikan setiap dihidupin listrik langsung padam/mati, apa bisa arus listriknya bisa dikecilkan supaya listrik dirumah saya nggak mati lagi. tolong penjelasannya...? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita harus melihat dulu daya listrik yang tersedia dirumah kita. Selain itu rangkaian yg saya tulis hanya untuk beban listrik berjenis resistif. Sedangkan kulkas dan mesin cuci berjenis induktif, tentu tidak bisa menggunakan rangkaian diatas. Semoga membantu....

      Hapus
  32. mas saya mau tanya, saya punya heater 1200W, 220VAC, saya ingin mengatur panasnya heater, tapi perangkat kontrol saya hanya bisa membaca input output sebesar 0-15V DC, terus langkah yang harus saya lakukan gimana? *urgent, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mengatur heater 1200W, 220VAC tentu membutuhkan kontrol yang mampu menangani daya dan tegangan yang tersebut diatas.Semoga membantu....

      Hapus
    2. apabila saya ingin mengatur panasnya heater dengan menggunakan dimmer apakah bisa? kalo bisa, boleh ditunjukkan cara dan rangkaiannya pak?

      Hapus
    3. Bisa. Tinggal sesuaikan daya dimmernya sesuai heater yang kita pasang pasang kerangkaian.
      Rangkaian banyak tersedia di internet.
      Salah satunya lihat disini : http://www.giangrandi.ch/electronics/neon/dimmer.gif
      Anda tinggal ganti lampu dengan heater. Max 1000 W. Semoga membantu......

      Hapus
  33. Apakah bisa heater listrik di catu dengan sumber DC murni?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. karena sifat elemen pemanas adalah resistif. Tentunya dgn besar tegangan yang sama, agar panas yang dihasilkan juga maksimal. Salam.....

      Hapus
  34. saya mau tanya, mungkin salah lapak, tapi barangkali bisa menjawab, saya ingin membuat rangkaian penguat tegangan dari 10v ke 220v, apakah ada referensi yang bisa dipercaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah mencoba rangkaian berikut 12V to 220V converter. Mungkin bisa membantu...tx
      http://www.circuitstoday.com/wp-content/uploads/2008/02/simple-40-watt-inverter.jpg

      Hapus
  35. om mau nanya, saya punya alat pemanas 500 watt tegangan 110, sebaiknya pakai diode berapa ya supaya panasnya maksimal ? berapa banyak? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja harus dipasang pada tegangan yang sesuai yaitu 110VAC. Tetapi jika yang anda maksud tegangan sumber yang ada 220 (umumnya tegangan listrik diIndonesia), anda bisa memasang dioda minimal 500/110=4,54 (hitungan kasar). Dioda yang dipasang minimal 5A. untuk keamanan bisa menggunakan dioda 6A.Semoga membantu....

      Hapus
  36. Pak saya mau tanya. Untuk mendapatkan tegangan 12VDC dari 220VAC. gunain apa aja? selain trafo...,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon bantuannya pak..,

      Hapus
    2. Anda bisa coba beberapa rangkaian berikut :
      1.https://drive.google.com/file/d/0B7WWeXdGMXXzeWVzTXZRS2lNcjQ/edit?usp=sharing
      2.https://drive.google.com/file/d/0B7WWeXdGMXXzVTlLTzJiSk5QeDg/edit?usp=sharing
      3.https://drive.google.com/file/d/0B7WWeXdGMXXzV2ZLcXpKWnhqNW8/edit?usp=sharing

      ...semoga membantu....

      Hapus
    3. Oke. Trimakasih pak...,

      Oya. mau tanya lgi pak.., klo dalam rangkaian Resistor 100R itu mksdnya, apa pak ? 100R ?

      Hapus
    4. 100R sama dengan 100 ohm. semoga membantu, thx

      Hapus
    5. Pak saya mau tanya. saya sudah buat power supply yg bpak rangkaian. Itu saya gunakan untuk buat charger hp. dgn input ke hp saya tambah LM7805. Nah, sudah dicoba pas proses charger masuk ke hp nya, tpi batere hp gk nyimpan alias tetap kosong. kira2 apa yg salah pak ???? trmx mhon bantuan nya pak...

      Hapus
    6. Penyebabnya kemungkinan dari battery hpnya yang rusak.
      Kasus diatas pernah sy alami saat charge hp Nokia E7, battery tdk pernah full malah error. Begitu diganti charge bawaanya (Nokia original) baru bisa. Silahkan dicek....salam

      Hapus
  37. Permisi pak..saya yoga..saya mo nanya kalo cara diatas saya aplikasikan pada mesin printer dengan tegangn 110v bisa ya pak?makasih..lam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, karena printer menggunakan regulator yang berisi komponen trafo. Akan terjadi pengaturan tegangan/arus yang kurang stabil. Penggunaan dioda diatas khusus pada beban resistif, misalnya pemanas. Semoga membantu

      Hapus
  38. saya mau tanya pak.
    bisa g' dioda kita tambahkan di colokan cabang 2, 3 atau lebih, jadi kita g' usah buka2 pemanasnya untuk di tambahkan dioda..??
    mksih

    BalasHapus
  39. pak saya baru beli foto copy, cuman baru beberapa minggu tiba2 pemanasnya rusak. pas saya cek elemen pemanasnya patah, mau saya ganti cuma takut salah beli soalnya katanya elemen pemanas ada 2 jenis ada yang 220 volt dan yang 110 volt. masalahnya saya bingung dengan mesin foto copy ini. karena kalo dilihat dr tulisandi bodi mesinnya ada tulisan 120 volt-127 volt. (apakah ini maksusdnya 110 volt?) tp kalo saya colokin ke stabiliser yg 110 volt mesinnya ga mau nyala 100%, oleh karena itu saya nyolokin ke yang 220 volt. apakah dengan menyolokan listrik ke stabilser yg 220 volt. mesin ini berdaya 220 volt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf,pak.saya juga bingung dengan kasus ini.Mungkin pernah diperbaiki pak. Saya tidak bisa memastikan.Harus melihat benda riilnya. Jika dibei tegangan 220VAC jalan, berarti tegangan fotocopy 220V.Atau bisa jadi pernah dimodifikasi / direparasi.yang jelas saya tidak berani memastikan krn tidak melihat bendanya, salam

      Hapus
  40. pak saya ingin menyalakan lampu led emergency dengan aki motor 12 v. apa saja komponen yang diperlukan dan bagaimana rangkainanya tanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan coba rangkaian pada link berikut :
      https://drive.google.com/file/d/0B7WWeXdGMXXzZjJ3aERleExPUGM/edit?usp=sharing

      Rangkaian diatas sudah dilengkapi rangkaian charge ke listrik 220 V. Jika tdk menghendaki, buang rangkaian pada jalur yang diberi tanda merah. Selamat mencoba....

      Hapus
  41. pak, saya ingin melambatkan putaran gerinda tangan 710 watt supaya bisa diatur kecepatannya . bagaimana rangkaiannya ? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rangkaian silahkan klik disini :
      https://drive.google.com/file/d/0B7WWeXdGMXXzV3lrc0daWjd6ams/edit?usp=sharing
      ....semoga membantu. salam

      Hapus
  42. mau minta tolong pak,... adaptor LCD saya rusak kena petir. tulisan yg tertera pada adaptornya 12v 3,33 ampere, mohon bantuan rangkaian nya, kalo bisa yg dank pake ttrafo, tapi kalo nggak ad ya seadanya saja, trima kasih sebelum nya

    BalasHapus
  43. pak Jat,saya ada rencana ingin buat oven keramik gas dengan suhu tertinggi 1300 derajat, masalahnya untuk mencapai suhu tertentu harus dengan waktu tertentu pula. misalnya suhu 200 'C harus dicapai dgn waktu 1 jam kemudian tahan 30 menit, suhu 380'C T 60 menit Hold 30 menit dst sampai suhu maksimal kemudian tahan. Penurunan suhu juga demikian ada posisi hold beberapa kali.Jadi bagaimana rangkaian untuk mengatur katup gas ke oven untuk mencapai suhu dgn waktu tertentu. mohon bantuannya, matur nuwun pak Jatmiko

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akan sy coba, Bu. Thx kunjungannya.....

      Hapus
  44. Mohon maaf, apakah bisa digambarkan rangkaian 5 buah LED yang langsung ke listrik AC 220 Volt. Diatas Bapak katakan memakai Resistor 100K Ohm yang dipasang di salah satu kaki LED nya. Tapi saya kurang jelas pak. Maklum saya masih awam soal elektro.. Mohon Bantuannya. Terima kasih banyak pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda lihat pada link berikut : https://drive.google.com/file/d/0B7WWeXdGMXXzS21FWHYzRVJnejA/edit?usp=sharing
      Semoga membantu,salam

      Hapus
    2. Wah, terima kasih banyak pak.
      Sangat berguna buat saya...

      Hapus
  45. salam kenal pak.. saya mau minta tolong kalau saya ingin membuat element pemanas dan yang diketahui adalah. tegangan 220 v. ukuran kawat email 0.5 mm berapa panjang nikelin yang ditentukan.atau untuk teg 220v harus berapa ohm resistansi yang pas dan aman? atau rumusnya juga boleh pak. terimakasih sebelumnya. sangat saya harapkan anda bisa membantu dan tolong dibls via justmorestar@gmail.com

    BalasHapus
  46. Maaf, bolehkah saya bertanya lagi pak?
    Kalau rangkaian 5 LED pararel langsung ke AC 220 V menggunakan tahanan 100 K ohm.
    Bagaimana jika menggunakan 40 LED ? berapa tahanan yang diperlukan? dan bagaimana cara menghitungnya ?
    Terima Kasih Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah yang mudah / praktis adalah dengan membuatnya menjadi 8 rangkaian (setiap 5 LED diberi tahanan 100K). kemudian ujung-ujung kabelnya dijadikan 1 (kabel fasa dengan fasa , kabel nol dengan nol)..semoga membantu...salam

      Hapus
  47. permisi pak jatmiko...
    minta info
    1. kalo adaptor 10 v dc untuk charging baterai 3,7 V bisa apa tidak...???
    2. adaptor 1 A akan saya naikkab menjadi 2 A caranya bagaimana ?
    thanks ardi

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.Bisa. Hanya saja pada output (kutub +)anda pasang IC 7805 sebelum ke kutub + battery
      2.Langkah praktis langsung aja ubah trafonya dengan 2A
      ...semoga membantu.....

      Hapus
  48. mau tanya pa,
    sy ada dispenser panas dingin pendinginnya bagus dan pemanasnya juga bagus tapi yang bermasalah d lampu led pemanas(led warna merah)sy coba pake resistor 65 k ohm 2 watt panas terus mati...
    1. kira2 ukuran resistor berp ohm pa yg tepatnya?
    untuk led power brp ukuran resistornya
    2. ukuran resistor untuk led power (warna kuning) berapa ohm?sy pake 65 k ohm panas resistornya
    3. ukuran resistor untuk led pendingin (warna biru) berapa ohm?sy pake 65 k ohm panas resistornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk LED anda bisa memasang resistor sebesar 120 K ohm 0.5 watt.....selamat mencoba

      Hapus
  49. saya mau tanya pak,

    saya punya power supply dengan tegangan input 110 VAC dan keluarannya bisa menjadi 220VDC, kira2 apanya yg rusak yach seharusnya 24VDC.

    makasih

    BalasHapus
  50. 1.Anda bisa lakukan pengecekan (pengukuran tegangan) mulai dari output trafo, regulator dan seterusnya.
    2.Untuk cek bagian fisik cek juga bagian jalur rangkaian, mungkin ada yang hubung singkat dll
    3.Lakukan cek perkomponen.
    Semoga membantu...jika kurang jelas silahkan kirim pertanyaan lagi...Salam

    BalasHapus
  51. Selamat siang

    Saya ingin bertanya

    Saya memiliki kompor listrik 220 V 200 Watt 50 Hz sementara rumah saya hanya memiliki voltase 220 Volt

    Ketika saya coba mengoperasikan kompor listrik saya setelah beberapa detik listrik di rumah saya padam dan saya coba lakukan berulang kali hasilnya tetap sama

    Selain itu saya sempat ketakutan karena saya kan pakai kabel gulungan dan ada suara mendengung sedikit di colokan kabel gulungannya saya kira akan terbakar

    Kabel gulungan saya itu 10 meter Maksimal beban pada tegangan 220 Volt adalah 250 W sampai 800 W

    Lalu apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi hal ini ?

    Apakah bisa diatasi dengan memasang stabilizer atau mungkin ada cara yang aman dan tidak membahayakan ?

    Mohon dengan sangat atas penjelasannya Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal,pak..
      1. Coba anda pasang kompor listrik tersebut tanpa menggunakan kabel gulungan (langsung ke stop kontak dinding), bagaimana efeknya ?
      2.Saat memasang kompor listrik, anda coba untuk tidak menyalakan beban listrik (lampu, kulkas, dll) apapun.Secara normal harus bisa (listrik tidak padam), jika listrik padam, berarti ada masalah dengan kompor listrik (misal: daya yang tertulis tdk sesuai, rangkaian rusak dsb)
      3.Kabel mendengung, berarti kontak tidak sempurna. Untuk memastikan anda coba langkah 1
      Semoga membantu..jika ada hal lain yg blm sesuai silahkan tulis disini...salam

      Hapus
    2. Terima kasih banyak pak atas sarannya di atas

      Tetapi sayangnya saya sudah melakukan langkah 1 dan 2 tetapi hasilnya tetap sama listrik padam

      Tetapi apa memang benar ya Pak bahwa pada hakikatnya kompor listrik saya itu bisa berfungsi normal meskipun dicolokkan ke voltase 220 volt ?

      Hapus
    3. Jika data dikompor listrik menunjukkan tegangan 220V, dengan daya 200 Watt maka harusnya kompor tersebut dapat bekerja normal jika dipasang pada listrik dengan tegangan /voltase 220Volt dengan daya terpasang dirumah diatas daya kompor , dengan catatan peralatan blm pernah dimodifikasi atau tidak mengalami kerusakan..salam

      Hapus
    4. Maaf Pak ada kesalahan

      Maksud saya itu adalah kompor listrik tegangan 230 Volt bukan 220 Volt lalu saya colokkan ke soket di rumah tegangan 220 Volt apakah bisa ya Pak ?

      Saya sudah coba listrik di rumah jeglek dan itu saya lakukan berkali-kali

      Hapus
    5. harusnya bisa,pak.Penyebab "njeglek" antara lain
      >daya dirumah tidak mencukupi untuk kompor
      >rangkaian kompor bermasalah
      Silahkan dicek...salam

      Hapus
  52. salam pak jat,

    saya sedang mencoba memijarkan kawat menggunakan charger aki.

    pernah saya coba menggunakan charger aki pada genset kecil dengan kawat senar bass no.4 hasilnya pijar dan putus terbakar, saya ganti dengan jarum tangan besar berhasil, namun sekring tekan genset sering jegleg.

    saya berencana menggunakan charger aki listrik atau adapter, dengan kawat nikrom 14 atau 20 gauge.

    untuk pengaturan panas output apa yang harus di setting? apa bisa menggunakan dimmer DC?

    terima kasih.. salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Anda bisa menggunakan DC regulator (=dimmer dc,red) .Gunakan regulator yang dapat mengalirkan arus besar / mampu mensuplai rangkaian dgn maksimum...salam

      Hapus
    2. maaf saya cb baru dpt referensi youtube yg d gunakan malah dimmer AC pada input, menurut bpk mana yg lebih bagus pd input atau output? pilih charger atau adapter?

      cuman agak bingung pada kabel output ada kabel putih tambahan (pd bagian akhir) menurut bpk kabel bwt apa?

      terima kasih.. salam

      Hapus
    3. ini link nya pak jat.. maaf --> http://www.youtube.com/watch?v=KGa8LZGbTus

      Hapus
    4. Prinsip wood burning adalah membuat kawat jd berpijar untuk diaplikasikan pada hiasan kayu. Untuk pengatur panas bisa digunakan di input / output yang penting mampu mengalirkan arus besar.
      Baik charger ataupun adapter dapat digunakan . Jgn lupa untuk memberi tambahan pengatur daya.
      Untuk kabel putih, sy tdk bisa memastikan (..maaf)..lain waktu akan coba sy tampilkan rangkaian dan ujicoba rangkaiannya.....salam....

      Hapus
    5. oke.. terima kasih atas kesediaan share ilmunya pak, mudah2an ujicoba sukses dan boleh d pesan juga :)

      Hapus
    6. Sama-sama ,semoga bermanfaat.....salam...

      Hapus
  53. Pak saya mau nanya
    Saya punya Dinamo mesin cuci 135w 220v
    Saya mau ngagus kecepatannya bisa ga pakai dimmer lampu yang ada dipasaran disitu tertera 500 w Bisa ga ya klu pki dimmer itu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. tetapi daya yang masuk ke mesin cuci menjadi turun jika dimmer disetting untuk menurunkan putaran motor, menyebabkan kinerjanya jg agak berat terutama untuk mesin cuci...salam

      Hapus
  54. Permisi Pak. mohon bantuan nya. Saya bingung beda powersupply dengan chager ? apakah sama kedua-duanya ??? mohon pendapatnya pak !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara prinsip cara kerja keduanya sama
      Hanya beda fungsi saja. Sebagai contoh power supply dapat jg digunakan sbg charger misalnya untuk men"charge" battery maupun accu. dan sebaliknya......salam

      Hapus
  55. mohon bantuannya. Saya punya heat press kaos 1200w 220vac sedangkan listrik rumah 900w. bisa g memaksimalkan kerja heatpress dengan menggunakan 4buah dioda 6 ampere yang di bridge..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dgn daya listrik kurang dr yang dibutuhkan rangkaian tdk bisa digunakan.
      Jika menggunakan 4 dioda diatas, saran sy pasang secara paralel sj. semoga membantu....

      Hapus
  56. Slm kenal pak.. sya mau tnya kira2 ukuran dioda untuk spda motor dgn tgangan12v 35w brpa ya pak.. mngingat regulator dimotor sya brmasalah yg.mmbuat lampu putus trus.. wlw regulator sdh sy gnti dgn yg baru tp tetap hasilnya sama.. trim's pak

    BalasHapus
  57. salam kenal pak.. cara memperlambat putaran gerinda tangan dikasih alat tambahan apa yah biar jangan terlalu kenceng muternya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pa jatmiko minta solusinya tentang pertanyaan saya..

      Hapus
  58. Mohon maaf pak wardi baru bisa balas. Anda bisa coba rangkaian berikut di link berikut :
    https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRwaj2j0yCE8RfvHd7x7O58-MuNL2q3f0ZH5FPKtRZkZak4rWC_

    Untuk Triac, anda bisa coba Q4004LT untuk arus maksimal 4 A atau Q4008LT untuk arus maksimal 8A. Semoga membantu....

    BalasHapus
  59. ass. maaf pak saya mau tanya...?
    saya punya hot pres dengan voltage 200-250v
    dan current 8.2a
    power 1800w.
    peryanyaanya....?
    setiap saya pakek dalam hitungan detik listrik selalu turun.
    jadi untuk membuat alat saya ini bisa di pakek dan listrik tidak turun bagaianaya...
    maaf tidak tau sama sekali tentang listrik
    tks.

    BalasHapus
  60. Coba anda cek dulu besarnya daya listrik yang tersedia. Paling tidak harus tersedia daya 2200VA 220Volt untu mensuplai Hot press 1800W. Semoga bermanfaat...salam..

    BalasHapus
  61. saya mau tanya,
    bgaimana membuat lampu hemat energi tanpa trafo memakai 25buah LED?
    kira2 daya yg terpakai berapa watt pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.circuitstoday.com/wp-content/uploads/2010/06/mains-optd-led.jpg.
      Mungkin rangkaian berikut bisa anda coba (24 led). Untuk daya tergantung dari jenis LED yang digunakan. Sbg contoh jika tiap LED (jenis biasa) bertegangan 3.2V /18mA maka daya yang dibutuhkan adalah 24x3.2x0.018=1.4Watt.Semoga membantu...

      Hapus
  62. pak Jatmikoo saya ade di medan, saya ada trafo besar diatas 40 Ampare dengan volt 15 volt, Elco 10.000uf 50 V X 4 buah, dioda kopro, saya ingin buat power supply dengan keluaran 0-15 v bisa di adjust (variable). tolong pak dibantu dibuatkan skemanya kalau bisa dengan TR Jengkol, makasih ya pak

    BalasHapus
  63. Siang Pak Jatmiko, pak saya baru buat power supply dengan n 2055 dan adj lm 317, semua berjalan dengan normal, tapi ketika saya kasih beban radio rig icom v 8000 posisi low (5 watt), mid low (10 watt) dan mid (25 watt), voltase dc masih antara 12.5 volt-13.5 volt, tetapi waktu saya pakai high (70 watt) volt turun ke 10 volt, kenapa tegangan turun ya pak sementara trafo 40 ampere, komsusmsi rig antara 15-20 ampere aja. dimana kurangnya ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pengalaman yang pernah sy lakukan, perhatikan pemakaian trafo yang digunakan. Kadang (bahkan sering), angka yang tertera pada trafo yang dijual dipasaran tidak sama dengan arus sesungguhnya, pastikan trafo yang digunakan benar-benar berkualitas. Kemudian, pastikan konduktor yang digunakan memiliki penampang (diameter) besar. Demikian juga dengan transistor daya yang digunakan, pastikan bukan yang KW alias murahan. Semoga membantu, selamat bereksperimen.....

      Hapus
  64. Trafo minimal 40 ampere menurut perkiraan karena sekunder trafo pakai kawat tembaga 2 mm, bekas bukaan UPS lama berat trafo 13 kg, volttase sudah diukur 15 volt AC sebelum masuk rangkaian, tr nya 2n3055 x 8 buah, elco 10.000 uf x 4 buah, dioda pakai koplo 35 ampere, dan adj nya pakai lm 317. kalau Pak Jatmiko ada skema tolong pak dikirim ke traffic.medan.1058@gmail.com ya Pak, terima kasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke. Mohon menunggu, saya coba carikan referensi yang anda maksud

      Hapus
    2. makasih ya pak saya tunggu email nya

      Hapus
  65. Pak saya mau tanya,saya baru beli mesin hotpress kaos,asumsi dayanya 1500 W,220V,tpi daya dirmh saya cuman 1300watt,..gmn caranya agar bisa tepakai mesin hotpress nya pada tegangan 1300 tsb...apakah bs diberi inverter

    BalasHapus
  66. pak,,,
    saya mau tanya, saat ini saya menggunakan rangkaian dimmer untuk kontrol heater pada rice cooker dan ternyata tegangan keluaran dari rangkaiannya plg tinggi 115 volt,sementara saya membutuhkan tegangan 220 volt, kira-kira dengan menggunakan dioda tersebut tegangan keluaran bisa meningkat,,??
    Terima Kasih,,,,

    BalasHapus
  67. Kalau saya mau menurunkan volt dari 48v AC ke 12v AC menggunakan apa y pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba rangkaian dimmer,pak. Semoga sukses

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...