Sabtu, 23 November 2013

Membuat Indikator Ketinggian Air 4 Tingkat



Indikator ketinggian air digunakan untuk mengetahui atau memonitor jumlah air yang ada dalam tangki air. Dengan menggunakan rangkaian yang sangat sederhana berikut, kita dapat membuat sendiri rangkaian indikator untuk memonitor ketinggian air dalam tangki. Rangkaian dasar Indikator Ketinggian Air 4 Tingkat kali ini menggunakan 4 transistor dengan jenis NPN yang sangat mudah didapat dan sangat murah untuk dirakit.
Rangkaian dasar ini sudah diujicoba dan berfungsi dengan baik. Untuk menambah tingkat / level yang dikehendaki, rangkaian bisa ditambah lebih dari 4 tingkat dengan menambah komponen perlevel yang terdiri dari Resistor 4K7, 220R, LED dan transistor 828.
Selamat bereksperimen......

Skema Rangkaian


Skema penempatan sensor pada tangki air





Ilustrasi Cara Kerja Rangkaian

Ilustrasi Cara Kerja Rangkaian



Cara kerja rangkaian
1.Pada saat tangki air kosong, lampu LED indicator tidak ada yang menyala
2.Pada saat tangki air diisi hingga pada level A, maka arus listrik bermuatan positip dari Common akan mengalir menuju basis dan mengakibatkan transistor 1 berjenis NPN ini aktif (menghantarkan arus listrik negative pada kaki C dan E saat kaki B mendapat arus positip).LED D1 warna hijau menyala.
3. Pada saat tangki air diisi hingga pada level B, maka arus listrik bermuatan positip dari Common akan mengalir menuju basis dan mengakibatkan transistor 1 berjenis NPN ini aktif (menghantarkan arus listrik negative pada kaki C dan E saat kaki B mendapat arus positip).  LED D1 dan D2 warna hijau menyala.
4.Pada saat tangki air diisi hingga pada level C, maka arus listrik bermuatan positip dari Common akan mengalir menuju basis dan mengakibatkan transistor 1 berjenis NPN ini aktif (menghantarkan arus listrik negative pada kaki C dan E saat kaki B mendapat arus positip).  LED D1 , D2 warna hijau dan LED D3 warna kuning menyala .
5. Pada saat tangki air diisi hingga pada level D, maka arus listrik bermuatan positip dari Common akan mengalir menuju basis dan mengakibatkan transistor 1 berjenis NPN ini aktif (menghantarkan arus listrik negative pada kaki C dan E saat kaki B mendapat arus positip).  LED D1 , D2 warna hijau , LED D3 warna kuning dan LED D4 warna merah  menyala .
6.Lampu LED menyala sesuai ketinggian air dalam tangki.

Berikut dokumentasi percobaan

   
Rangkaian Indikator Ketinggian Air 4 Tingkat

Rangkaian Indikator Ketinggian Air 4 Tingkat

Indikator LED menyala saat probe A,B,C,D menyentuh air

Video demo 

Video demo bisa juga anda lihat dilink berikut :  klik disini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...