Jumat, 30 Agustus 2013

Dioda sebagai pengaman polaritas terbalik pada rangkaian Elektronik (3)


          Sama seperti pada aplikasi “Dioda sebagai pengaman polaritas terbalik pada rangkaian Elektronik (1 & 2)” , fungsi utama dari rangkaian ini adalah sebagai pengaman jika terjadi polaritas sumber tegangan yang masuk ke rangkaian elektronik terbalik. Hanya saja pada aplikasi ini ditambah dengan 2 buah LED (Lighting Emiting Dioda) yang berfungsi layaknya indicator atau lampu tanda bahwa terjadi salah polaritas.
          Perhatikan rangkaian berikut :

          Cara kerja rangkaian diatas adalah sebagai berikut :
-      Pada saat polaritas normal (battery tidak terbalik pemasangannya) arus listrik akan mengalir menuju rangkaian elektronika dikarenakan diode 1 mendapat bias maju. Pada saat bersamaan indicator LED 1 tidak menyala sedangkan indicator LED 2 (warna merah menyala).

Perhatikan rangkaian berikutnya :



-      Pada saat polaritas terbalik pemasangannya, maka arus tidak akan mengalir menuju rangkaian elektronika dikarenakan diode 1 mendapat bias mundur. Pada saat bersamaan indicator LED 1 (warna biru) menyala sedangkan indicator LED 2 padam.

Jadi pada rangkaian ini, terdapat 2 indikator yang akan menyala merah jika polaritas terpasang dengan benar. Dan akan meyala biru jika polaritas battery yang terpasang terbalik.

..............................Semoga bermanfaat..........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...