Selasa, 27 Agustus 2013

Dioda sebagai pengaman polaritas terbalik pada rangkaian Elektronik (1)

          
          

Beberapa peralatan terutama elektronika (Radio, tape peralatan komunikasi dsb) sangat sensitive terhadap polaritas yang terbalik (kutub positif sumber tegangan dihubungkan dengan kutub negative peralatan elektronik dan sebaliknya). Rangkaian elektronika akan rusak jika polaritas sumber tegangan listrik yang masuk terbalik.
          Dengan memanfaatkan diode, kita dapat membuat pengaman sederhana jika secara tidak sengaja polaritas dari sumber tegangan listrik yang masuk terbalik.
Salah satu fungsi diode adalah sebagai penyearah arus listrik. Dengan mengaplikasikan sifat umum diode yaitu jika dibias maju (forward) akan bersifat penghantar sedangkan jika dibias mundur (reverse) akan bersifat isolator.
Pada rangkaian diatas, polaritas sumber tegangan sesuai dengan yang dianjurkan, maka lampu menyala.Dengan kata lain dioda mendapat bias maju.

Sedangkan pada rangkaian ke 2, sumber tegangan terbalik polaritasnya (diode dibias mundur) maka arus listrik tidak dapat mengalir ke lampu menyebabkan lampu tidak menyala.
Untuk aplikasi pada rangkaian elektronika, kita dapat langsung memasang diode dengan posisi sebagai berikut :
Atau
Dengan menggunakan dioda sebagai pengaman, maka jika terjadi salah pasang polaritas sumber tegangan, rangkaian elektronika tidak rusak karena arus listrik akan dihambat oleh dioda.
....................Semoga bermanfaat..................




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...