Senin, 22 Desember 2014

Koreksi dan Analisa Ulangan Harian hanya 5 menit ?... Bisa !!!


Salam sukses selalu untuk pembaca semuanya....
Bagi  seorang guru melakukan ulangan, baik ulangan harian , ulangan semester maupun tes kemampuan peserta didik lain merupakan "ritual" yang wajib  dilakukan untuk mengukur sebuah prestasi belajar siswa. Umumnya pekerjaan ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar terutama saat mengoreksi jawaban siswa maupun untuk menganalisa hasil ulangan siswa. Padahal hasil ulangan tentu sangat ditunggu baik oleh siswa maupun bagi guru yang memberikan tes tersebut. Biasanya seorang guru "jarang" langsung mendapatkan hasil ulangan  karena banyaknya tugas lain yang harus dikerjakan seorang guru.
Untuk mengatasi hal tersebut, saya mencoba membuat aplikasi sederhana untuk mengatasi hal diatas yaitu dengan menggunakan aplikasi sederhana berbasis  MS Excel yang dapat didownload disini.
Prinsip penggunakan serta cara kerja aplikasi ini adalah sebagai berikut :
ilustrasi
Setelah siswa mengerjakan soal, siswa diberi waktu sekitar 10 menit untuk mengirim jawaban yang telah dibuat berupa SMS. Selanjutnya SMS dikirim ke Modem guru untuk diproses menggunakan aplikasi yang sudah ada. Begitu jawaban siswa dimasukkan ke aplikasi, maka secara otomatis koreksi jawaban salah atau benar serta analisa ulangan harian akan dilakukan dan saat itu juga. Untuk informasi detail dan cara mengoperasikannya, silahkan anda baca tutorial yang disertakan pada aplikasi.
Sehingga dengan aplikasi ini diharapkan waktu yang diperlukan untuk  koreksi dan analisa  ulangan harian dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu, dengan menggunakan proses ini diharapkan dapat memberi wawasan  guru dan siswa agar dapat memanfaatkan teknologi informasi dengan lebih bijak .
Demikian sharing kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua,....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...