Kamis, 17 Januari 2013

HARDWARE PLC UNTUK PRAKTIKUM


PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)

HARDWARE
Pada praktikum yang dibahas pada blog ini merupakan rangkuman praktikum yang dilakukan siswa-siswa untuk pengendalian berbagai beban baik lampu maupun motor listrik. PLC yang digunakan adalah jenis PLC OMRON type SYSMAC CPM1A 10 CDR yang memiliki 10 I/O. Yaitu 6 input (00,01,02,03,04,05) serta memiliki output sebanyak 4 buah yaitu 00,01,02,03. Serta PLC OMRON type SYSMAC CPM2A 20 CDR yang memiliki 20 I/0 yaitu 12 input dan 8 output.  
Untuk pengenalan dasar pemrograman, penggunaan jenis PLC ini sudah cukup untuk mempelajari teknik pengendalian input dan output pada rangkaian-rangkaian aplikasi baik untuk instalasi penerangan terutama untuk instalasi tenaga listrik
Berikut bagian-bagian hardware PLC OMRON CPM1A 10CDR berikut cara menginstalasi input, output serta tegangan catu daya yang diperlukan.


Diagram PLC CPM1A 10CDR 10 I/O buatan OMRON

Menghubungkan input pada PLC 10 I/O (6 input 4 output) serta catu daya


Menghubungkan output pada PLC 10 I/O (6 input 4 output)

 Rangkaian relay driver yang dihubungkan dengan output pada PLC

Bentuk PLC CPM1A dari OMRON

Menghubungkan PLC dengan Programmable Console
(langsung tanpa PC dan Software)

Cara menghubungkan perangkat input maupun output serta catu daya pada PLC type CPM2A yang memiliki 20 I/O adalah sama. Perbedaan hanya pada jumlah input maupun output yang bisa digunakan jauh lebih banyak dibandingkan dengan CPM1A.

Diagram CPM2A-20CDR

Bentuk PLC CPM2A 20 CDR


Pendekatan sistematik dalam perancangan sistem kontrol Proses

Pertama, Tentukan alur kinerja proses mulai dara tahap permulaan hingga tahap akhir proses secara detail. Gunakan diagram alir (flow chart), untuk proses instalasi tenaga listrik pahami diagram lingkaran arus dari system yang dibangun.

Kedua, Tentukan komponen input dan output yang digunakan secara detail.
Ketiga, buat diagram tangga / LADDER sesuai proses pengendalian input dan output atau jika untuk praktikum instalasi tenaga listrik dapat menggunakan diagram lingkaran arus yang sudah dibuat.
Keempat, lakukan pemrograman dengan menggunakan peralatan yang ada. Bisa menggunakan komputer maupun mengggunakan programmable console yang tersedia. Pada praktikum ini menggunakan programmable console untuk melakukan pemrograman PLC. Untuk pemrograman menggunakan PC dapat juga dilakukan dengan terlebih dulu menginstal software misalnya SYSWIN maupun CX-Programmer. Dengan menggunakan PC pembuatan program dapat dilakukan jauh lebih mudah.
Kelima, lakukan ujicoba dengan mengamati tingkah laku input dan output (tindakan simulasi). Jika simulasi sesuai dengan yang kita harapkan, ujicoba dengan menggunakan input dan output secara lengkap (menggunakan perangkat input dan output secara nyata)

Baca juga materi programmable logic controller disini
Untuk manual CPM1A-10CDR klik disini  
Untuk manual CPM2A-20CDR klik disini  

3 komentar:

  1. register dapet $2.buruan gabung di:http://visitors2cash.com/ref.php?refId=24288

    BalasHapus
  2. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanx kunjungannaya. Mohon saran demi perbaikan...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...