Selasa, 18 September 2012

SENSOR SENTUHAN (TOUCH SWITCH)


Adalah rangkaian elektronik  yang menggunakan sentuhan tangan telanjang sebagai input untuk menggerakkan output.

Contoh rangkaian 1 


Dengan menggunakan IC NE555 sebagai otak dari pengendali ini, kita dapat mengendalikan relay 12 VDC untuk mengendalikan beban-beban yang lebih besar misalnya alarm, lampu AC 220V dan sebagainya dengan cara menyentuh plat logam pada bagian plate. Relay akan bekerja jika pelat logam kita sentuh, dan akan non aktif kembali jika logam tidak kita sentuh.

Contoh rangkaian 2



Jika pada rangkaian 1 output  kaki no 3 IC akan mengeluarkan tegangan positive saat kita pelat kita sentuh dan akan mengeluarkan tegangan jika pelat tidak disentuh, maka pada rangkaian ke 2 terdapat dua buah pelat yang berfungsi sebagai tombol sentuh ON dan tombol sentuh OFF. Output IC no 3 akan mengeluarkan tegangan positif jika pelat ON disentuh dan akan mengeluarkan tegangan nol saat pelat OFF kita sentuh.
Untuk pengembangan lampu LED dapat ditambah dengan rangkaian driver relay untuk mengendalikan beban lain.


Contoh Rangkaian 3 


Cara kerja rangkaian 3 sama dengan rangkaian 2 hanya pada rangkaian ini menggunakan jenis IC 4011 yang merupakan IC logika quad NAND gate 2 input. Rangkaian akan ON jika pada pelat A-B disentuh dan rangkaian akan OFF jika pelat C-D disentuh.

Contoh Rangkaian 4

Berbeda dengan ketiga rangkaian diatas, pada rangkaian ke 4 menggunakan transistor sebagai saklar dan driver untuk mengendalikan SCR T03. Sedangkan SCR mengendalikan beban listrik AC 220V. Beban listrik dapat menggunakan komponen beban yang bersifat resistif misalnya lampu pijar. Sedangkan untuk beban bersifat induktif dapat diganti dengan jenis TRIAC misalnya Q4004LT dan sebagainya.

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...