Selasa, 18 September 2012

SENSOR MAGNET


Adalah rangkaian elektronik  yang menggunakan gelombang magnet sebagai input untuk menggerakkan output.

Contoh rangkaian 1


          Rangkaian diatas menggunakan sensor magnet reed switch untuk menggerakkan LED.Pada rangkaian ini menggunakan prinsip pembagi tegangan antara kaki basis transistor. Cara kerja rangkaian adalah jika pada reed switch didekati medan magnet maka hambatan kontak reed switch akan menghubung. Hal ini menyebabkan arus negatif masuk ke kaki transistor, maka transistor tidak akan mengantar arus. Pada saat reed switch dijauhkan dari medan magnet maka kontak reed switch akan membuka, maka arus listrik posistip akan masuk ke kaki basis. Transisotr akan mengalirkan arus negative yang akan menyalakan LED.
                   Medan magnet dapat menggunakan magnet batang. Contoh aplikasi sederhana adalah indicator atau alarm untuk pintu dibuka atau ditutup.Untuk pengembangan lebih lanjut LED dpat ditambah relay driver untuk mengendalikan alarm atau sirine maupun beban listrik yang lebih besar misalnya lampu AC 220V.

Contoh rangkaian 2

          Pada rangkaian ini menggunakan perubahan posisi reed switch. Dengan posisi seperti ini, rangkaian akan bekerja ( LED menyala) jika pada reed switch didekati medan magnet. Untuk mengatur kepekaan rangkaian dapat menggunakan VR 10K.


Contoh Rangkaian 3

          Jika pada rangkaian diatas menggunakan transistor, maka pada rangkaian berikut menggunakan SCR (Silicon Controlled Rectifier). Jika menggunakan rangkaian dengan basis transistor seperti rangkaian sebelumnya, maka jika input tidak ada maka rangkaian tidak bekerja, pada rangkaian berikut menggunakan pengunci SCR agar ketika rangkaian aktif, maka rangkaian akan tetap aktif meskipun input sudah tidak ada. Rangkaian dapat diaplikasikan misalnya pada alarm.
          SCR akan mengalirkan arus listrik dari anoda ke katoda jika pada kaki gate diberi tegangan positif. SCR akan terus mengalirkan arus meskipun kaki gate sudah tidak dialiri tegangan positif lagi. Untuk mereset rangkaian dengan cara memutus tegangan dari sumber atau dengan cara menghubung singkat kaki anoda dan katoda sesaat.
Cara kerja rangkaian adalah reed switch harus didekati oleh magnet, sehingga kontak reed switch akan menutup. Dengan menutupnya kontak, maka arus yang masuk ke kaki gate SCR adalah negative dan SCR tidak bekerja. Jika magnet dijauhkan dari reed switch, maka kontak reed switch akan membuka hal ini menyebabkan arus positif masuk ke kaki SCR, maka SCR akan bekerja terus meskipun magnet didekatkan kembali ke reed switch.

11 komentar:

  1. permisi kakak, mau nanya nih..
    apakah rangkaian 3 itu bekerja dengan baik?
    itu alaram (output)nya dipasangkan ke relay?
    mohon pencerahannya kakak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kuatir.Rangkaian ke 3 sudah diuji coba . Bahkan artikel rangkaian 3 pernah sy publikasikan di tabloid OTOMOTIF untuk aplikasi alarm Sepeda Motor. Cara kerjanya bisa anda simak seperti diatas. Jika penjelasan saya kurang pas, silahkan kirim pertanyaan lagi. Semoga bisa membantu...Thx kinjungannay

      Hapus
    2. Atau jika diperlukan prototype rangkaian yang sudah jadi, sy siap membantu....Thx...

      Hapus
  2. Permisi mas saya mau bertanya, jika saya ingin menghitung berapa jumlah putaran pada sprocket motor saat saya kendarai, apa bisa mnggunakan sensor ini ? Apa perlu digabunf dengan counter lg atau tidak ? Karena input jumlah putaran trsbut ingin saya ubah kluarannya jd arus listrik. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara prinsip dasar bisa. Tetapi untuk kecepatan putar tinggi (penghitung rpm) kepekaan sensor ini kurang akurat. Anda bisa mengganti sensornya dengan menggunakan infra merah. Semoga membantu

      Hapus
  3. mas bro... kalau mau beli reed switch dimana y? harganya sekitar berapa ? nama lainnya reed switch ada g? terima kasih banyak

    BalasHapus
  4. reed switch bisa didapat ditoko elektronika dengan kisaran harga 2500 - 15000 tergantung type (besar kecil serta jenis kontaknya)
    Untuk pembelian ditoko online anda bisa lihat di san-eshop.com atau di delta-electronic.com
    ...Thanks semoga membantu....

    BalasHapus
  5. Utk rangkaian ke 3, penyambungan d motor bisa d sambung kemana ya sebagai pengaman?
    Dan saklar d bawah relay fungsinya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. C hubungkan ke tegangan sumber, NO ke motor
      2. Saklar (s) berfungsi sebagai reset dengan cara tekan sesaat lalu lepas kembali. Semoga membantu..salam

      Hapus
  6. mas bro mau tanya, untuk rangkaian ke 3, Resistor yg satunya lagi utk aktifin scr itu berapa ohm ya..?
    terus kalau scr diganti type lain bisa tidak? bisa kasih contoh type lain yang sesuai.
    terima kasih...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...