Selasa, 18 September 2012

SENSOR AIR


Adalah rangkaian elektronik  yang menggunakan air sebagai input untuk menggerakkan output.
Contoh rangkaian 1


Rangkaian diatas menggunakan sensor air untuk menggerakkan LED.Pada rangkaian ini menggunakan prinsip pembagi tegangan antara kaki basis transistor. Cara kerja rangkaian adalah jika pada ujung probe (to water) dimasukkan air maka arus positif akan mengalir dan akan memicu transistor NPN. Transistor akan menghantarkan arus negative dari kaki emitor ke kaki kolektor. Hal ini mengakibatkan LED akan menyala.
          Untuk mengatur kepekaan respon rangkaian digunakan trimpot 10K. Untuk pengembangan lebih lanjut LED dapat ditambah relay driver untuk mengendalikan beban listrik yang lebih besar misalnya pompa air AC 220V. Dapat juga dikembangkan dengan menambahkan Magnetik Contactor pada relay driver sebelum menggerakkan pompa air.


Contoh rangkaian 2


Berbeda dengan rangkaian pertama, pada rangkaian ini probe (to water) dipasang antara kaki terminal negative dan kaki basis transistor. Cara kerja rangkaian adalah lampu LED akan menyala jika probe tidak dimasukkan air. Jika probe dimasukkan air maka arus negative akan mengalir menuju kaki basis sehingga transistor tidak akan menghantar arus listrik.
Jadi LED menyala jika probe tidak dimasukkan air dan akan padam jika probe dimasukkan air.

Contoh Rangkaian 3


          Pada rangkaian ini menggunakan sebuah IC CD4066 yang berisi 4 buah switch (1-2,3-4,8-9,10-11) yang akan terhubung jika kaki pemicunya (13,5,6,12) diberi tegangan positif. Rangkaian ini berguna untuk mendeteksi ketinggian air dengan memanfaatkan lampu LED sebagai indikatornya serta sebuah alarm buzzer yang akan berbunyi jika air berada pada level full (LED 4 menyala). Untuk mengaktifkan dan mematikan alarm buzzer dapat menggunakan saklar on-off.

Contoh Rangkaian 4




Pada rangkaian ini menggunakan sebuah 4 buah transistor  yang akan bekerja menyalakan LED D1,D2,D3,D4 jika kaki basis A,B,C,D dipicu melalui  pemberian tegangan positif. Rangkaian ini berguna untuk mendeteksi ketinggian air dengan memanfaatkan lampu LED sebagai indikatornya. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...